April 03, 2018

Must Have Firs Aid

Tiba tiba saya merasa ada urgensi yg sangat untuk segera menuliskan tulisan ini as it is in my opinion very important, for all of us, to save life: our life, everyone's life.

Hehe. Lebay yak. But somehow its true. Ok. Let me explain

Sebelumnya sy sudah berencana dr sangat lama sekali utk menuliskannya dengan judul "Firs Aid Band" but then today, I've just realize that if it is tittled first aid band, the article will mainly only focused on the Band itself while everyone else might experience different kind of injury right? I mean gak semua luka yg didapatkan, yg terjadi butuh di plester (band) ada banyak luka2 tipe/jenis lainnya. And how we survive those kind of injury kalo gue bahasnya cuma First Aid Band? How others know and learn and help others or him/herself at least ketika terjadi hal2 yg gak diinginkan semisal kecelakaan? So disinilah todai gue nyadar bahwa I need to broaden the theme. Gak cuma "First Aid Band" but "Must Have First Aid" instead. Hehe. So that harapannya. Kita semua bisa melakukan pertolongan pertama at least buat diri sendiri ketika dirumah dan terjadi luka2/kecelakaan. It prolonged the time before u geet or need the medical expert help. And in direct/indirect way, it does save our life right? Wkwkwk. Maksa

Oke. Sebelum panjang kali lebar. Maafkan sy yg bahasanya campuran gini. Kalo ada yg agak gak ngerti bingung or gak paham bisa langsung tanya by komen dibawah ini, Insha Allah akan sy jawab and next sy akan ngejelasinnya dengan singkat padat dan Bahasa Indonesia ajalah. Please ingetin saya kalo kebablasan or kelupaan jd campuran lagi bahasanya. XD

Oke. So apasih First Aid. Sebelum gue lanjut lebih jauh, kita harus tau dulu, First artinya Pertama. First Aid. Pertolongan pertama. Yas. Thats it. Jd kalau kalian ingat di jaman sekolah dulu pernah mendengar or diajarkan ttg P3K. Nah ini. Ini dia. First Aid=P3K pertolongan pertama pada kecelakaan. Kurang lebuh seperti itu.

Nah. Kenapa Must Have First Aid? Disini gue mencoba menyapaikan tipe tipe First Aid yg minimal harus kita punya (must have) di rumah at least. Kenapa? To safe our life kan td. Hehe. No. I mean, ini berdasarkan2 pengalaman yg saya alami aja bahwa biasanya, luka2 kejasian or kecelakaan di rumah ya biasanya Insha Allah seputar seputar itu aja. Gak jauh2. Nah disini gue mau coba klasifikasiin dr yg paling simple2 aja yak. Dr contoh yang gue punya di rumah. Buat kalian yg mau nambahin bisa improve sendiri but harapan gue, setidaknya setiap dari kita punya atau menyediakan yg akan gue sebutkan dibawah ini. Jadi kalau misal sewaktu waktu kenapa2 and terjadi apa. Cepet ditanganinnya dan dampaknya pun gak akan terlalu fatal. Ok. Lets start

1. Povidone Iodine (merk dagang yg terkenal B*t*dine)
2. Topical Antibiotic with Placenta Extract (gue gatau ada merk apa aja, tp yg gue pake Biopl***nton)
3. Kain Kasa
4. Surgical Tape (gue gatau gais bahasa indonesianyaa. Tp kalo mo beli bilang aja kek gitu. Insha Allah penjualnya tau kok, hehe)

No 1-2 menunjukan tingkat yg sangat penting. Harus punya banget.

No 3-4 ini sebenernya masuk ke first aid band itself.

Ok. Gue akan coba jelasin kenapa dr sekian banyak med gue cuma pilih itu and kenapa gak ada alkohol btw? Bukannya tiap luka biasnya disterilkan pake alkohol? Yas. Thats true. Tp kenapa sy gak masukan ke dalam must have list karena berdasarkan yg saya tahu, fungsi alkohol hanya mensterilkan. Alkohol in any way tidak membantu proses penyembuhan luka. Disini menurut hemat gue, alkohol bisa langsung digantikan sama Povidone Iodine. Povidone Iodine ini disatu sisi membunuh bakteri which is sama aja kan ya sama mensterilkan? Anf disisi lain juga membantu proses penyembuhan lukanya. So ini sih paling penting banget menurut gue. Kenapa makannya Povidone Iodine ini gue tempatkan di urutan pertama.

Next. Topical Antibiotic with Placenta Extract. Sebenernya ini penting gak penting. Tp buat gue pribadi ini penging banget. Apalagi cewek, wanita, perempuan, yg sering berkecimpung sama dapur. Med ini adalah pertolongan pertama yg bisa kita kasih kalo kulit kita terkena sesuatu yg panas. Bisa minyak goreng panas, air panas, atau bahkan sekedar kesenggol panci panas. Sakit banget emang rasanya kalo abis kena panas dikasih ini. Tp dalam 3 hari kulit akan normal lagi n gak berbekas.

Nah. Kenapa gue tiba2 pingin nulis ini karena gue baruu aja kena minyak panas cyinn. Huhu. Jd td ceritanya baru pulang. Abis mandi. Mau makan malam. Berhubung td siang dirumah kosong hak ada2 siapa2 gak ada yg masak dong. Nah ini mau makan malam, goreng2 dulu lah saia dan tiba2 duar -_- minyak panas berterbangan ke langit dan mendarat di lengan saya 😭 dan biopl***tonnyaa lagi abiss. Tinggal sedikit bangat..makannnya skrg tiba2 gue pengen buat kita semua at least selalu lah sedia first aid first aid gitu karena kalo gak ada pun jugak nyesek and sayang kulutnyaa. Duh kan ahh jd curhat. Wkwkw. Sudah sudah

Last. No 3&4 itu masuk kategori First Aid Band. Nah buat temen2 semua sebenernya ini konsepnya sama kayak plester. Kenapa disini gue gak masukin plester ya karena plesternya gue ganti ini. Ehehe. Saran banget dari gue sih jangan pake plester. Jangan. Mending Do It Yourself dengan kasa+surgical tape. Disatu sisi plester emang simple. Tinghal tempel. But disisi lain plester itu nyiksa. Kulit jd lembab pun saat akan diganti plesternya sangat sakit sekali dicabutnya. Iya bukan? Nah disini gue kasi solusinya pake kasa + surgical tape aja karena pun gue sendiri sering n selalu begitu instead of pake plester2an. Selain karena pas dicabut gak sakit kasa+surgical tape juga gak buat luka lembab/kering karrena as we all know. Kasa kan penuh pori2 gitu. Yakali. Justru dengan pakai kasa gitu, menurut gue sih ya, luka kita jd bisa bernafas n lebih cepet sembuhnya karena terjadi regenarasi gak tersekap. Hehe. Tp gatau juga si. Itu hanya menurut saya. Bisa dibuktikan sendiri lebih lanjutnya mungkin.

Nah gimana cr pakainya. Gimana cr menggantikan plester sama first aid band ini. Gampang ada. Tinggal potong kasa sesuai besarnya luka, terus di tempel pakai surgical tape nya. Kalau gue kadang ditengah lukanya gue kasi povidone iodine dulu, baru dikasih kasa, and direkatkan pakai surgical tape. Beres. Pun gantinya mudah, gak sakit, dan ukuran bisa dieseuaikan sama kebutuhan (lukanyaa). Gak kayak plester yg segitu gitu ajaa. Hehe

Nah. Aduh udah ngantuk lagi. Masi mau nulis padahal. Tp hadu kalo ud ngantuk bisa deh. Jd gak fkus tulisan saia.

Yaudah. Segitu dulu. So remember. Jangan lupa minimal banget sedia povidone iodine dirumah. Ok. Segitu dulu yaaa. Semoga bermanfaat!!!

Jakarta
3/4/18 21:45

No comments:

Post a Comment